Senin, 04 Juni 2012

Pemda Harus Serius Dukung Pembangunan Rusun



JAKARTA, Permasalahan kebutuhan akan tempat tinggal bukan hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) saja. Peran dan tanggung jawab pemerintah daerah (pemda) cukup penting dalam mendukung upaya penyediaan rumah layak bagi masyarakat.


"Untuk membangun rumah susun, antara Kemenpera dan pemda harus ada komunikasi yang baik sehingga program ini lebih komprehensif dan maksimal," kata Deputi Menteri Perumahan Rakyat Bidang Perumahan Formal, Pangihutan Marpaung, ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Pangihutan mengatakan dua masalah yang kerap membelit pembangunan rumah susun adalah permasalahan lahan serta kerjasama dengan pemerintah daerah sebagai penyedia lahan. "Sebagai contoh ada pengembang yang mau membuat rusun untuk MBR, pemda memberi tanahnya di Marunda, Jakarta Utara. Ternyata tidak berpenghuni, lantas kami menjadi bulan-bulanan media," ungkapnya.

Karena itu, ia berharap dukungan dari semua pihak termasuk pengembang dan pengelola rumah susun dalam mensukseskan program rumah susun ini.

Sebelumnya, realisasi rumah susun sempat dipertanyakan oleh komisi V DPR RI dalam rapat dengar pendapat antara Kemenpera dan Komisi V pada Rabu (30/5/2012). Pasalnya, memasuki bulan ke-enam tahun 2012, pembangunan rusun mandeg. Sigit Sosiantomo, anggota komisi V dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan target rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) tahun 2010 – 2012 baru terealisasi 380 tower.

"Capaian ini sangat jauh dari target 1.000 tower. Kami meminta agar Kemenpera memperkuat kerjasama dengan pemda. Pemda harus menyediakan lahan efektif untuk rusun yang tujuannya mengurangi backlog perumahan," ujarnya.


SUmber : www.properti.kompas.com/Pemda.Harus.Serius.Dukung.Pembangunan.Rusun

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar