Senin, 18 Juni 2012

Bakrieland Programkan Konservasi Hutan Mangrove

detail berita
Hutan Mangrove (foto: mongabay .com)
JAKARTA - Berdasarkan data Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Lampung 2009, sekitar 80 persen hutan mangrove (bakau) yang ada di Kabupaten Lampung Selatan rusak parah. Hal ini kemudian mendasari PT Bakrieland Development, Tbk (Bakrieland) Unit Usaha Hotels & Resorts bekerjasama dengan Miyara Sumatera Foundation (MSF) meresmikan program konservasi mangrove seluas 30 hektare (ha) untuk tahap awal.

Program yang bertajuk "Pohon Untuk Negeri: Mangrove For Life" ini merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebagai wujud komitmen perseroan dalam pelestarian lingkungan dengan mengembangkan konservasi mangrove. Nilai investasi untuk pengembangan hutan mangrove tahap awal ini adalah senilai Rp1,5 miliar.

"Keberadaan Krakatoa Nirwana Resort (KNR) yang berada di Lampung Selatan merupakan sebuah potensi sebagai hub of circuit for eco-tourism, sekaligus peluang untuk mengembangkannya menjadi eco-destination model, contoh pembangunan yang berkelanjutan, di mana manfaat ekonomi dapat digali bersamaan dengan pemberdayaan masyarakat lokal dan pelestarian alam. Untuk itulah kami bekerjasama dengan MSF akan menjalankan program konservasi mangrove ini," ujar Group Head Resort Development Bakrieland Unit Usaha Hotels & Resorts, Nugroho Santosa dalam keterangan resminya, di Jakarta, Sabtu (16/6/2012).

Menurut Pendiri dan Ketua MSF Irma Hutabarat, program dan aktivitas yang akan dilakukan terhadap pengembangan hutan mangrove di Kalianda akan dimulai di kawasan KNR (Merak Belantung). Area KNR di Merak Belantung merupakan ekosistem mangrove yang tidak hanya penting bagi kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat lokal, namun juga  untuk pengembangan eco-tourism.

Untuk menandai komitmen bersama pelestarian mangrove, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Bakrieland, MSF dan perwakilan masyarakat sekitar sebagai tanda dimulainya program konservasi mangrove berbasis masyarakat lokal serta penanaman mangrove, yang dilakukan di di Krakatoa Nirwana Resort (KNR), Kalianda, Lampung Selatan, belum lama ini.

Tidak hanya melestarikan konservasi ekosistem mangrove dan mengembangkannya sebagai investasi hijau yang nantinya dapat dijadikan pusat atraksi dan aktivitas pariwisata, program ini diharapkan dapat membangun kemitraan antara KNR, masyarakat dan stakeholders dalam upaya pengembangan eco-tourism di Sumatera pada umumnya dan di KNR pada khususnya. Di samping itu, juga memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar KNR.

Sumber : www.property.okezone.com/bakrieland-programkan-konservasi-hutan-mangrove

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar