Rabu, 13 Juni 2012

Membuat Taman Kecil Menggunakan Pot

detail berita
(foto: real simple)
UNTUK membuat taman kecil di rumah, tidak melulu membutuhkan tanah berukuran luas. Anda bisa menggunakan pot untuk membuat taman kecil. Selain tidak memakan tempat, taman kecil menggunakan pot juga mudah dipelihara. Dengan begitu, Anda bisa mempercantik rumah tanpa memakan lahan.

Berikut ide yang bisa Anda terapkan jika ingin membuat taman kecil menggunakan pot, seperti dikutip dari Real Simple, Rabu (13/6/2012).

1. Susun pot di depan pintu masuk
Anda bisa menyusun tiga pot ukuran bervariasi berisikan tanaman bunga di depan pintu masuk. Hal ini akan menarik perhatian orang.

Konsep desain: Komposisi segitiga akan memberikan nuansa seimbang dan rapi. Sebaiknya, gunakan tiga pot dengan ukuran berbeda. Tempatkan pot berukuran paling besar di tengah sehingga memberikan efek dominasi. Sebagai aksen, tempatkan dua pot ukuran menengah dan kecil di sisi samping.

Tanaman: sebaiknya pilih tanaman yang menghasilkan bunga. Pilih tanaman yang bisa tumbuh di bawah sinar matahari atau tempat agak teduh. Pilih juga tanaman yang bunganya mekar sepanjang musim.

2. Buat pusat tanaman
Tujuh pot berukuran kecil yang disusun melingkar akan memberikan dampak tampilan yang besar.

Konsep desain: Anda bisa memilih pot keramik mengkilap dengan ukuran dan warna serupa. Hal ini akan memberikan kesan disatukan dalam warna, bentuk, dan ukuran. Namun sebaiknya tanaman yang ada di dalam pot, bervariasi.

3. Gantung tanaman Anda
Jika Anda kekurangan ruang di permukaan, Anda bisa menggantung pot tanaman.

Konsep desain: Pot gantung biasanya dijual dengan gantungan yang tidak bisa diatur panjangnya. Hal ini terkadang mengganggu karena belum tentu sesuai dengan keinginan. Namun Anda bisa mengganti gantungan pot dengan tali nilon yang kuat. Pasang tali melalui lubang-lubang di pot. Untuk menentukan tinggi yang pas, letak pot harus di atas mata, tapi jangan terlalu tinggi sehingga Anda masih bisa melihat bagian bawah pot.

4. Membuat jalur pot tanaman
Membuat jalan masuk menggunakan pot tanaman akan membantu lalu lintas berjalan.

Konsep desain: Anda bisa menggunakan pot kontemporer dengan ukuran dan warna sama. Tempatkan pot dengan jarak yang sama dan merata. Sebaiknya, pilih tanaman jenis rumput hias yang tumbuh tinggi ke atas. Hal ini akan memberikan aksen dramatis di sepanjang jalan masuk ke rumah.

6. Gunakan tangga
Jika rumah Anda memiliki tangga masuk, ini akan menjadi ide yang sempurna. Anda bisa menempatkan satu pot bunga dengan ukuran, warna, dan bentuk sama secara bersusun di setiap anak tangga.
 
Konsep desain: Tangga merupakan penghubung antara pintu masuk rumah dengan jalan menuju pagar. Agar selaras dan menekankan pot sebagai penghubung antar daerah tersebut, Anda bisa menggunakan pot terakota.

7. Pajang di dinding
Jangan lupakan ruang vertikal. Pot tanaman bisa 'meramaikan' dinding yang kosong, dan memberikan kesegaran untuk mata. Menempatkan pot di dinding membuat tanaman lebih mudah dinikmati keindahannya.
 
Konsep desain: Gunakan tanaman yang memberikan tampilan visual formal. Sebaiknya, pasang pot dalam jumlah ganjil. Sebagai pilihan, Anda bisa memasang lima pot berwarna putih gading yang ditanami tanaman berbunga putih. Pola putih-putih (pot dan bunga) akan memberikan tampilan bersih dan santai.

Sumber : www.property.okezone.com/membuat-taman-kecil-menggunakan-pot

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar