Kamis, 14 Juni 2012

Menyadari Kebutuhan Ruang di Rumah Mungil



Penentu utama untuk mendapatkan kenyamanan di rumah mungil ada di tangan penghuninya. Faktor lainnya adalah desain yang cerdas di lahan terbatas.

Tinggal di rumah dengan luas terbatas membuat penghuni rumah perlu menyadari kebutuhan ruangnya. Ia tidak bisa menanamkan konsep setiap kebutuhan ada ruangannya. Karena biasanya, peleburan fungsi ruang terjadi di ruang mungil.

Sebagai contoh, ruang tamu sekaligus berperan sebagai ruang keluarga atau pantry yang juga dapat ditambah meja makan. Selain menyadari peleburan fungsi dua ruang atau akrab disebut multifungsi, gaya hidup penghuni rumah mungil perlu trik dan strategi khusus.

Salah satunya yang kerap tanpa sadar terjadi adalah penghuni melakukan kebiasaan menumpuk barang. Strategi untuk masalah satu ini dapat diatasi dengan memperbanyak ruang penyimpanan.

Faktor penentu kenyamanan selanjutnya adalah desain ruang yang cerdas. Tak seperti desain pada rumah berukuran luas, penghuni rumah mungil memang lebih sulit mendesain ruang per ruang.

Memang, tak mudah memenuhi kebutuhan seluruh ruang untuk aktivitas setiap anggota keluarga. Apalagi, bila ternyata penghuni rumah adalah sebuah keluarga besar dengan jumlah anggota keluarga banyak. Masalah ini dapat disiasati melalui sinergi optimal antara penghuni dengan desain bangunannya.

Untuk memperluas ruangan, penghuni bisa mengembangkan konsep rumah tumbuh. Terdapat dua jenis rumah tumbuh, yakni rumah tumbuh vertikal dan rumah tumbuh horizontal.

Rumah tumbuh vertikal adalah rumah dengan penambahan ruang ke atas. Untuk menerapkan konsep ini, kekuatan struktur wajib diperhatikan sejak kali pertama rumah dibangun.

Sementara itu, rumah tumbuh horizontal adalah penambahan ruang secara menyamping atau ke belakang. Konsep ini bisa dilakukan dengan syarat luas lahan masih luas dan memadai. Untuk menerapkan konsep ini, desain awal rumah perlu memprioritaskan kebutuhan ruang utama, seperti ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang makan.

Nah, Anda pilih yang mana?


Sumber : www.properti.kompas.com//Menyadari.Kebutuhan.Ruang.di.Rumah.Mungil

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar