Kamis, 14 Juni 2012

Tata Dinding dan Lantai Rumah

detail berita
(foto: ist.)
SELAIN penataan furnitur dan peletakan bukaan yang tepat, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan untuk memperoleh kesan luas dan lapang pada rumah Anda. Di antaranya menyangkut dinding dan lantai.

Penataan dinding bisa berkaitan dengan pemakaian cat dan warna. Cara tepatnya adalah mengecat ruangan dengan warna yang berbeda ataupun mengecat satu dinding seolah berdiri sendiri. Mengecat satu dinding akan membuatnya seolah muncul keluar dan menambah karakter ruang.

Gunakan minimal pada satu ruang untuk memberikan perasaan ruang yang berbeda. "Warna-warna terang dan ringan,seperti krem dan putih kebiruan adalah beberapa contoh kombinasi warna tepat yang dapat membantu mengubah ruangan kecil agar terlihat lebih luas karena bersifat memantulkan dan memaksimalkan cahaya alami," ujar arsitek Wisnu Brata.

Selain itu, yang bisa Anda lakukan yakni menata artwork dan lukisan yang sangat berguna dalam menciptakan dimensi ruang serta menghasilkan efek yang ingin diciptakan. Caranya, Wisnu menyebutkan, pilih lukisan yang dapat membantu memperkuat kesan ruang yang ingin Anda ciptakan. Misalnya, ruang keluarga diberi lukisan orang yang sedang bercakap-cakap atau foto bersama anggota keluarga.

"Jadi,kuncinya di sini adalah menggunakan aksesori minimal, namun tetap mendapatkan efek yang diinginkan pada ruangan tersebut," ungkap Wisnu. Cermin juga merupakan senjata paling mutakhir untuk memperluas ruangan. Walaupun mungkin cermin adalah solusi klise dan sejumlah orang sudah tahu kalau cermin dapat memberi efek kesan luas, tapi dalam penataannya tidak bisa dibuat sembarangan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Wisnu. Dia mengatakan, bukan hanya melalui ilusi yang diciptakan, tetapi cermin dapat membantu menghasilkan cahaya yang lebih terang. Lebih lanjut Wisnu mengungkapkan, sebelum ada listrik, cermin dan kaca banyak diletakkan di belakang lampu untuk lebih membantu menerangi ruangan.

"Peletakan cermin yang pas biasanya pada sisi dinding yang masih ada jarak dengan furnitur. Sebab, jika diletakkan pada bagian yang menempel dengan furnitur, efek luas yang ingin kita ambil dari cermin akan sangat terlihat palsu karena bayangan kembarannya bakal terasa sekali," ungkap arsitek Briyan Talaosa. Sementara untuk lantai,apa saja yang harus muncul dalam sebuah rencana lantai?

Wisnu mengatakan,yang pertama adalah pilih jenis lantainya. Untuk menciptakan kesan lapang,biasanya jenis lantai yang digunakan adalah yang memiliki motif warna terang dan mengkilap. Selanjutnya adalah ukuran. Pemakaian ukuran-ukuran besar atau penggunaan material ukuran slab pada marmer juga akan menambah kesan luas yang diinginkan. Hindari pemakaian border karena bakal menimbulkan kesan ruang yang sempit.

Contoh paling sederhana adalah memasang lantai keramik dengan pola diagonal. Itu juga dapat membantu Anda memperoleh kesan yang lebih luas, terutama jika style rumah Anda bukan minimalis.

Sumber : www.property.okezone.com/tata-dinding-dan-lantai-rumah

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar