Kamis, 14 Juni 2012

Lapang Tak Harus Besar

detail berita
Ilustrasi (foto: ideinteriorumah.com)
KETIKA Anda dapat memunculkan kesan lapang dan luas di rumah yang terbilang sempit, tentu akan ada rasa puas yang mungkin tak bisa terbayar oleh apa pun.

Saat ini kita semakin sulit menemukan dan membuat rumah-rumah besar karena adanya keterbatasan lahan serta biaya, terkecuali bagi beberapa kalangan tertentu. Untuk itu, diperlukan sejumlah trik guna memanfaatkan sekaligus mempertahankan hunian yang ada agar dapat terlihat luas dan lapang. Menurut arsitek Wisnu Brata, yang perlu diluruskan di sini bukan masalah ukuran fisik rumah yang membuat tempat tinggal Anda itu terasa besar. Melainkan bergantung pada fungsi-fungsi pendukung di dalam rumah tersebut.

Adapun fungsifungsi pelengkap itu meliputi pencahayaan, dinding, lantai, dan sebagainya. Soal pencahayaan, semakin banyak cahaya yang mengalir melalui sebuah ruang,akan membuat ruang tersebut terlihat lebih besar. Untuk itu, kata Wisnu, pertimbangkan untuk memasang skylight di beberapa area.Terutama pada area kamar mandi dan dapur. Sebab,skylight memiliki kekuatan untuk menghadirkan dimensi yang luas dan terang pada sebuah ruangan. "Penggunaan tirai yang dapat dimaksimalkan bukaannya juga akan sangat membantu," ujar Wisnu.

Untuk mendapatkannya, Anda harus mengganti tirai yang memiliki gantungan kain berat dengan bahan yang lebih ringan serta mampu menghadirkan cahaya yang mengalir di antara dua ruangan. Hal ini bakal menciptakan ruangan yang saling berkomunikasi dan tidak membuat diri Anda merasa terkungkung di dapur. Penggunaan glassblock pun bisa membantu menciptakan privasi dan tetap menimbulkan perasaan ruang yang terbuka sekaligus transparan.

Sementara itu, arsitek Briyan Talaosa mengatakan, bukaan mampu memberi kesan luas karena secara visual mata kita tidak terhenti pada dinding masif. Sebaliknya, efek dari materi yang ada di balik bukaan itu dapat memberikan rasa luas, meski sesungguhnya sudah beda ruangan. Untuk itu, selain komposisi dan bentuk bukaan, hal yang harus diperhatikan adalah faktor pencahayaan alami yang timbul dari peletakan bukaan tersebut. Dalam hal ini, bukaan bukan berarti jendela saja.

Arah sinar matahari pun bakal memengaruhi posisi bukaan yang Anda buat. Bila Anda menginginkan bukaan itu ada sepanjang hari, maka window lighting dapat menjadi media pendistribusi sinar matahari dari luar ke dalam ruangan. Tentu peletakan dan dimensinya harus dipertimbangkan agar mendapat hasil yang maksimal.

"Begitu pun dengan cahaya lampu. Elemen ini bisa membuat rumah terlihat lebih luas dan lapang. Sebab, cahaya membentuk garis imajiner dari pancaran lampu yang Anda pakai sehingga akan selalu ada garis batas yang membentuk marking areayang timbul dari setiap pancaran cahaya lampu," kata Briyan.

Lebih lanjut Briyan mengatakan, untuk pencahayaan utama, sebaiknya Anda mengaplikasikan general light. Sementara bagi Anda yang membutuhkan efek spot untuk menonjolkan sesuatu, seperti aksesori, dapat mengaplikasikan spot light pada area tertentu. Hal lainnya, yaitu penataan furnitur. Wisnu menyebutkan, buatlah prioritas terhadap furnitur yang bakal diletakkan pada suatu ruangan.

Sebab, kalau Anda terlalu banyak meletakkan furnitur pada ruang tertentu, itu malah akan membuat ruangan tersebut tampak penuh dan mungkin saja dapat mengganggu atau mengacaukan pencahayaan yang baik serta mengganggu sirkulasi lalu lintas orang. Guna menghindari hal itu, Anda bisa mulai melakukan penyortiran terhadap furnitur yang tidak perlu.

Perhatikan furnitur dan aksesori yang berpotensi menghalangi aliran pandang ruangan dari satu sisi ke sisi lain. Lemari atau tempat penyimpanan yang lain juga dapat membantu menciptakan ruangan yang lebih luas.

Caranya dengan menempatkan barang-barang semisal koper, tas, dan sepatu secara teratur di dalam lemari tersebut sehingga akan membebaskan ruangan Anda dari kesan sumpek dan pengap akibat barang-barang yang bertumpuk serta terserak acakacakan. Barang-barang yang jarang digunakan sebaiknya disingkirkan dan disimpan pada ruangan khusus yang telah disediakan.

Sumber : www.property.okezone.com/lapang-tak-harus-besar

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar