Senin, 11 Juni 2012

Yuk...Lebih Lega dengan Cahaya!



Selain berpengaruh posisif terhadap mood, kehadiran cahaya sangat berperan penting dalam menciptakan suasana ruang. Masuklah ke sebuah ruangan gelap, kemudian Anda berpindah ke ruangan yang terang. Meskipun luas kedua ruang tersebut sama, perbedaannya tentu sangat terasa.

Ruangan yang terang oleh cahaya memang terasa lebih lapang. Sebaliknya, ruangan gelap tak bercahaya memancarkan kesan terkungkung dan sempit.

Cahaya memang berperan besar menciptakan kesan dalam ruang. Apalagi, jika cahaya ini adalah cahaya alami yang akan membuat ruang tidak hanya lega, tapi juga sehat.

Namun, menghadirkan cahaya terang tidak melulu berarti memasang lebih banyak lampu. Ada beberapa trik untuk membuat ruang di rumah tetap terang tanpa lampu seperti berikut ini:

Gunakan cermin besar

Anda bisa memasang cermin berukuran besar di salah satu dinding ruangan. Efeknya, cermin ini tidak hanya meluaskan, tetapi juga memantulkan semua cahaya yang diterimanya. Ruangan pun berubah lebih terang tanpa perlu kehadiran cahaya buatan.

Kilau warna cat

Cat dinding dengan jenis cat yang mengilap juga berpengaruh bagi hadirnya cahaya. Cat yang tidak mengilap atau doff akan menyerap cahaya. Berbeda dengan cat kilap, pemakaiannya pada dinding hunian Anda justru akan memantulkan cahaya. Untuk itu, pilih warna-warna terang agar ruangan terasa lebih terang dan semakin luas.

Tumpukan barang

Buang semua tumpukan barang dan pastikan Anda hanya akan memakai perabot yang penting-penting saja di rumah. Berlebihnya tumpukan barang hanya menyebabkan terjadinya banyak bayangan dan membuat ruangan tampak lebih gelap. Menyusun barang secara rapi sangat membantu Anda menciptakan lebih banyak cahaya tak terhalang masuk ke dalam ruangan.

Kaca pintu

Cara lain bisa dilakukan adalah menggunakan kaca sebagai material daun pintu. Dengan teknik ini, cahaya dari ruangan akan diteruskan ke pintu, sehingga ruang tidak saja mendapat suplai cahaya dari jendela, tetapi juga dari pintu itu sendiri.

Skylight

Mengundang cahaya masuk juga bisa Anda lakukan dari atas atap melalui pemasangan skylight. Ada hanya cukup mengganti beberapa genting dengan model genting transparan, termasuk juga plafonnya. Dengan begitu, cahaya matahari dapat langsung "tembus" dan menyinari ruangan. Bahkan, sinarnya mampu menelusup ruangan-ruangan tak berjendela!


Sumber : www.properti.kompas.com/Yuk.Lebih.Lega.dengan.Cahaya.

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar