Senin, 11 Juni 2012

2.500 Rumah di Flores Tak Layak Huni

detail berita
Salah satu rumah gubuk di Sumbawa Barat (Foto: Dok. Kemenpera)
JAKARTA - Sekira 2.500 unit rumah di Kabupaten Flores Timur, NTT, membutuhkan bantuan program perumahan dari pemerintah. Pasalnya, di daerah tersebut masih banyak rumah milik masyarakat yang kondisinya tidak layak huni.

"Kami memperkirakan sekira 2.500 rumah milik masyarakat di Flores Timur, NTT, yang kondisinya tidak layak huni sehingga membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat," ujar Kepala Dinas Sosial dan Nakertrans Kabupaten Flores Timur, NTT, Theo K Maran saat berkunjung ke Kantor Kemenpera, Jakarta, beberapa waktu lalu, seperti dikutip dalam keterangan pers Kemenpera, Jumat (8/6/2012).

Menurut Theo, kondisi rumah di daerah tersebut kebanyakan sangat memprihatinkan. Dia mengilustrasikan, atap rumah masih menggunakan alang-alang, dinding dari bambu cincang, dan lantai masih tanah. Pihaknya pun telah melakukan pendataan rumah yang tidak layak huni tersebut.  Dari data yang ada, sekira 2.000 unit rumah perlu bantuan rehab atau perbaikan. Sedangkan pembangunan rumah baru sekira 500 unit rumah.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah menyediakan lahan yang tersebar di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Solor Barat, Larantuka, Titehena dan Solor Timur. Sedangkan lokasi untuk rumah yang perlu direhab atau diperbaiki ada di delapan kecamatan yakni Adonara Timur, Ileboleng, Titehana, Demopagong, Ngulang Gitang, Solor Timur, Solor Barat, dan Solor Selatan.

"Masih banyak masyarakat di Flores Timur yang belum pernah menerima bantuan perumahan dari pemerintah pusat. Rata-rata mereka bekerja sebagai petani, nelayan, dan buruh sehingga penghasilannya pas-pasan. Kami berharap Kemenpera bisa ikut membantu dalam pembangunan rumah masyarakat di Flores Timur," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Fasilitasi Pembangunan Deputi Perumahan Swadaya Kemenpera, Bambang Purwanto berkata, Kemenpera saat ini memiliki program bedah rumah yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah setempat. Melalui program tersebut diharapkan kabupaten di tiap-tiap daerah bisa bebas dari rumah kumuh dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah.

"Kami berharap Pemda setempat bisa ikut berpartisipasi aktif dalam program perumahan," ujarnya.

Sumber : www.property.okezone.com/2-500-rumah-di-flores-tak-layak-huni

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar