Senin, 04 Juni 2012

Bank Negara Malaysia Perketat Kredit Rumah

detail berita
Kuala Lumpur (Foto: dok.Okezone)
KUALA LUMPUR - Bank Negara Malaysia (BNM) mengeluarkan aturan yang memperketat kredit perumahan setempat. Meski demikian aturan ini dinilai pihak pengembang tidak terlalu berdampak signifikan pada pasar properti Malaysia, karena pada dasarnya BNM hanya menunda proses peminjaman, sehingga menyebabkan sedikit kredit bermasalah.

Pihak pengembang pun memberikan beragam tanggapan. Salah satunya ialah perusahaan pengembang properti Malaysia Mah Sing Group Bhd. Perusahaan ini tetap optimistis melihat permintaan domestik untuk properti perumahan yang masih kuat, meskipun BNM memperketat aturan kredit.

"Ada permintaan yang berkelanjutan pada sektor poperti tertentu seperti perumahan (landed house) dengan harga di atas 1 juta ringgit atau sekira Rp3 miliar," kata CEO Malaysia Mah Sing Group Tan Sri Leong Hoy dalam konferensi investasi Malaysia, seperti dilansir Property Report, Senin (4/6/2012).

"Meskipun bank sentral melakukan pengetatan aturan kredit rumah, kami selektif yakin pada sektor tertentu dan kita harus bisa menyesuaikan antara pasokan dan permintaan, serta memenuhi ekspektasi pasar," tambahnya.

Sementara CEO dari Glomac Bhd Group Datuk FD Iskandar Mansor juga menyebut, perumahan di lokasi-lokasi premium yang bernilai antara 200 ribu-600 ribu ringgit Malaysia itu permintaannya sangat tinggi.

"Sektor perumahan (landed house) sangat kuat permintaannya ({demand}). Namun, berdasarkan  data statistik yang diperoleh, menunjukkan dalam enam bulan terakhir rumah di dengan harga di bawah 250 ribu ringgit tidak dijual," ujarnya.

Berkaitan dengan kabijakan Bank Negara Malaysia tersebut, harga properti tetap stabil sepanjang tahun ini, selama konsumen masih tetap berhati-hati dalam membeli properti. Tingkat pertumbuhan ekonomi dunia juga turut memengaruhi nilai properti.

Sumber : www.property.okezone.com/bank-negara-malaysia-perketat-kredit-rumah

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar